Sabtu, 29 Januari 2022
Follow:
 
Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi Serahkan 12.000 Bibit Jahe Kepada Masyarakat Desa Petaling Jaya

elpi | Advertorial
Jumat, 26/11/2021 | 05:51:00 WIB
Bupati Rezita Meylani Yopi SE menyerahkan 12.000 pohon bibit jahe kepada masyarakat Desa Petaling Jaya/adv
TERKAIT:
 
 
RENGAT, LIPO - Bupati Rezita Meylani Yopi SE menyerahkan 12.000 pohon bibit jahe kepada masyarakat Desa Petaling Jaya, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau. Acara penyerahan didampingi oleh sejumlah pimpinan Forum Kecamatan Batang Cenaku.

Penyerahan tanaman Bibit jahe merah oleh Bupati Inhu langsung didampingi Sekcam Batang Cenaku Selamat Purnomo. S.Sos, dan Pjs Kades Petaling Jaya Ngali, dan sejumlah unsur Forkopimcam Kecamatan Batang Cenaku. Penyerahan ini, dilakukan di halaman kantor Desa Petaling jaya, pada Jumat (19/11/2021).

Rohman, saat didampingi Kepala Desa terpilih pada Pilkades 27 0ktober 2021 lalu (Heriyanto Sembiring) menyebutkan, motivasi penanaman jahe merah ini karena bisa mendongkrak pendapatan perkapita masing-masing keluarga di Desa Petaling jaya.

"Dengan, membagikan sejumlah polibag tanaman jahe pertama ke masyarakat agar terampil dan terbiasa dengan pengolahan lahan pekarangan menjadi produktif. Tentunya, akan mendapatkan tambahan pendapatan perkapita keluarga itu sendiri," Paparnya.

Dengan demikian kata Rohman, selain lahan pekarangan asri, produktif dan menambah pendapatan ekonomi keluarga. Juga, tanaman jahe ini menjanjikan dengan asumsi harga jual perkilogram bisa mencapai hingga 50 ribu rupiah.
Mungkin gambar 2 orang, orang berdiri, pohon dan luar ruangan

Sedangkan, produksi rata-rata jahe per satu rumpun (per polibag) mencapai 1,5 kg hingga 2 kg. Jadi jika kita bisa membudidayak jahe sebanyak 12000 polibag. Maka, hasilnya mencapai 18 ton lebih. Dan untuk, pemasaran hasil produksi jahe sudah Bumdes. 

Ditambahkan Heriyanto Sembiring, dengan 12000 polibag yang ada, ini akan dibagikan oleh Bupati Inhu Ibu Rezyta Meylani kepada masyarakat Desa Petaling jaya dengan perkiraan rata-rata masyarakat per KK bisa memperoleh 30 polibag hingga 40 polibag dan nantinya perawatan akan diawasi oleh perangkat desa juga diawasi oleh bumdes agar hasil bisa maksimal.

Menurut Heriyanto S, jika budidaya tanaman jahe pekarangan ini bisa berproduksi sesuai harapan. Maka, dirinya tidak canggung-canggung untuk mengembangkan komoditi tanaman pekarangan ini guna mensejahterakan masyarakat Petaling Jaya.
Mungkin gambar 6 orang dan dalam ruangan
Bupati Inhu Rezyta Meylani Yopi. SE saat memberikan sambutan di gedung Kesenian Desa Petaling Jaya memberikan apresiasi kepada perangkat desa yang telah berinovasi membudidayakan tanaman jahe pada masyarakat desa Petaling jaya. Khususnya, budidaya tanaman jahe di lahan pekarangan.

Menurut Rezyta, dirinya yakin dengan budidaya tanaman jahe ini bisa menambah pendapatan perkapita rata-rata keluarga.

"Saya berharap, bukan saja desa Petaling jaya yang menanam jahe seperti ini. Tapi saya harap, Desa se kabupaten di Indragiri hulu bisa membudidayakan tanaman jahe. Dengan, demikian yakin kabupaten Indragiri hulu akan viral." Katanya.

Apa lagi ucapnya, setelah mendapat laporan dari Pjs kepala desa tadi, bahwa Desa Petaling jaya sudah memiliki Bumdes yang sudah menghasilkan PAD bagi Desa. Tentunya, hal ini menambah anggaran Desa untuk membangun Desa lebih maju.

Mungkin gambar 3 orang dan orang berdiri
Selain itu, Bupati Inhu berpesan kepada Kepala Desa terpilih, untuk tidak lagi memikirkan si A pilih siapa dan si B pilih siapa. Setelah, pemilihan berakhir jangan ada lagi masyarakat yang terkotak-kotak, semua bersatu padu untuk membangun desa lebih maju. 

"Hilangkan, pikiran-pikiran negatif yang dapat merusak persaudaraan kita," harapnya.

Ditambahkan Bupati Inhu ini, dirinya memohon maaf khususnya kepada masyarakat Desa Petaling jaya. Sebab, selama Pilkada kemarin dirinya belum sempat menyapa masyarakat Desa Petaling jaya. 

"Dimasa pandemi seluruh kegiatan tentunya dibatasi untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Karena itu lah, belum sempat menyapa masyarakat Desa Petaling jaya," tutup Bupati. (ADV)



Berita Lainnya :
 
  • Omicron Sudah Masuk Riau?, Berikut Penjelasan Masrul Kasmy
  • Pastikan Pembangunan IKN Sesuai Rencana, Kapolri Kunjungi Penajam Panser Utara Kaltim
  • Inspektorat Kuansing Segera Tinjau Kegiatan Desa Sitorajo Kari
  • Turnamen Sepakbola Piala Walikota Solo, Siwo PWI Riau Siap Tampil Maksimal
  • Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Bangkinang Masih Terkendala Hutan Milik Negara
  • Ini Pesan Presiden Jokowi Terkait Merebaknya Omicron
  • Buka Peluang Pengembangan Peran Orang Tua Sebagai Agent of Change di Era Digital
  • Ternyata Ini Manfaat Nira Aren Bagi Kesehatan
  • Sinergi BUMN, PLN & PAL Luncurkan Pembangkit Listrik Kapal Modern Berdaya 60 MW
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index