Sabtu, 28 Mei 2022
Follow:
 
Ternyata Ini Manfaat Nira Aren Bagi Kesehatan

elpi | Lifestyle
Sabtu, 29/01/2022 | 12:07:04 WIB
Petani Nira/ist
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Pernah  melihat pohon aren? sekilas mirip dengan batang kelapa.
Yang membedakannya  secara kasat mata adalah buah yang dihasilkan.  Bila kepala menghasilkan buah kelapa, pohon aren atau nira  menghasilkan buah panjang menjuntai yang bias disebut kulang kaling.

Kelapa menghasilkan air kelapa yang tertampung di dalam cangkang kelapa, adapun pohon aren atau nira menghasilkan cairan yang ditampung dari sela-sela buah pohon nira. Ada yang menampungnya menggunakan tabung bambu, ada juga yang menampungnya menggunakan jerigen.

Lantas bagaimana dengan rasanya?  mengkonsumsi air nira atau aren ternyata sungguh nikmat luar biasa. 

Apalagi bila diminum dengan menggunakan es batu, sensasi meminumnya bisa tak habis-habis, ingin lagi dan lagi.

Karena itulah, dahulu, air nira atau air aren menjadi demikian laris bila dijual pada siang hari atau di tengah panas terik. 

Tak cukup segelas, orang yang meminumnya mungkin ingin bergelas-gelas. 

Namun, tahukah kamu kalau air dari pohon enam atau aren atau yang dalam bahasa latin disebut arengan pinnata ini juga punya banyak khasiat yang tidak terduga?

Dari penelitian, diketahui, nira tak hanya sekadar air yang keluar dari sebatang pohon. 

Air yang keluar dengan cara ditampung oleh para petani pemanennya ini ternyata mengandung banyak zat yang dibutuhkan untuk menyehatkan tubuh. 

Enau atau aren mengandung kandungan antioksidan seperti flavonoid, terpenoid, alkaloid. 

Selain itu mengandung juga ekstrak etanol, alkaloid, quinone, dan kandungan nutrisi seperti vitamin C, serat. 

Enau atau aren ini  juga dapat membantu mencegah penyakit kronis, meningkatkan imunitas tubuh, berperan pada penyakit infeksi saluran pernapasan, memiliki efek anti peradangan, dan anti tumor. 

Tetapi baiknya dikonsumsi tidak berlebihan, divariasikan dan dikombinasikan dengan makanan bergizi lainnya. 

Pohon enau atau aren dengan nama latin arengan pinnata merupakan tanaman yang masih satu famili dengan pohon kelapa.

Pohon enau sama halnya dengan kelapa memiliki beragam manfaat dan seringkali digunakan baik batang, pelepah daun, maupun buahnya oleh masyarakat.

 Enau acapkali digunakan sebagai tanaman obat sejak dahulu kala khususnya di kawasan negara Asia Tenggara.

Enau seringkali diolah menjadi gula yang diolah secara tradisional menjadi bongkahan-bongkahan yang disebut dengan gula aren atau gula kabong/enau.

Gula aren dipercaya memiliki nutrisi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan gula tebu.

Gula aren atau enau mengandung vitamin dan mineral yang tidak terdapat pada gula tebu pada umumnya.

Sirup gula aren atau enau mengandung aktivitas antioksidan yang dapat digunakan untuk menangkal berbagai penyakit berbahaya.

Sedangkan buahnya dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan olahan lainnya.

Enau saat ini telah dikembangkan untuk berbagai manfaat, selain sebagai bahan obat-obatan dan konsumsi, enau juga bermanfaat untuk hal lain yakni energi terbarukan.

Buah dari pohon enau mengandung komponen bioaktif yang sangat bermanfaat dalam proses pembuatan kosmetik.

Dalam literatur lama disebutkan jika buah enau dapat diolah menjadi minuman keras obat yang mampu menyembuhkan rasa sakit dengan cepat dan efisien.

Buah enau juga diketahuai memiliki efek terhadap penyakit neuropati, reumatik, sakit tulang serta sakit karena trauma.


Manfaat  mengkonsumsi air enau atau nira

Enau mengandung banyak manfaat karena memiliki berbagai macam vitamin dan mineral serta memiliki aktivitas antioksidan dan komponen bioaktif penting.

Berikut beberapa manfaat Enau yang perlu anda ketahui :

Mencegah Penyakit

Kandungan yang terdapat pada pohon enau, baik buah maupun produk olahannya ternyata memiliki beragam manfaat untuk mencegah penyakit tertentu.

Berikut beberapa manfaat enau untuk mencegah penyakit :

Anti-Tumor

Penelitian menunjukkan adanya kandungan diterpen pada buah enau atau aren, diantaranya adalah arenterpenoid. 

Kandungan diterpen ini sendiri disinyalir memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu obat anti-tumor.

Kandungan diterpen pada buah enau itu sendiri perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui dan mengungkap manfaat kesehatan lainnya mengingat komponen bioaktif di dalamnya juga melimpah.

Anti-Kanker

Kandungan flavonoid yang terdapat pada buah enau serta vitamin C memiliki kemampuan yang sama sebagai anti-kanker. 

Flavonoid mampu menonaktifkan karsinogen penyebab kanker, menghambat terjadinya proliferasi sel serta meningkatkan perbaikan DNA.

Selain itu kedua kandungan tersebut diketahui mampu menghilangkan dan mengurangi oksidasi stress yang menyebabkan berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker dan penyakit kardiovaskular.

Kardiovaskular

Kandungan antioksidan pada flavonoid memiliki peran potensial dalam mencegah penyakit kardiovaskular. 

Studi terbaru memperlihatkan bahwa terdapat hubungan positif antara jumlah konsumsi flavonoid dengan penurunan risiko terhadap penyakit kardiovaskular pada individu .

Penyakit Neurodegeneratif

Penyakit yang berhubungan dengan syarat ini, mulai banyak ditemui khususnya pada golongan lanjut usia.

Penyakit seperti dementia, parkinson, dan juga Alzheimer merupakan contoh yang masuk dalam penyakit Neurodegeneratif.

Flavonoid yang terkandung pada buah enau atau aren memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit neurodegeneratif. 
Konsumsi makanan yang mengandung banyak flavonoid menunjukkan manfaat yang positif terhadap kemampuan kognitif manusia secara keseluruhan.

Konstipasi

Buah enau mengandung serat yang tentu saja sangat bermanfaat untuk merawat saluran pencernaan. 

Kandungan serta makanan tersebut dapat mencegah tubuh mengalami konstipasi atau sembelit akibat kekurangan serat.

Pneumonia

Kandungan vitamin C pada buah enau serta produk olahannya merupakan zat penting untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya salah satunya pneumonia.

Kemampuan vitamin C untuk mencegah pneumonia diperoleh dari aktivitasnya dalam mencegah infeksi bakteri. 

Konsumsi vitamin dalam jumlah tertentu terbukti efektif untuk mencegah infeksi bakteri tersebut, sehingga tidak menyebabkan berbagai penyakit berbahaya termasuk pneumonia.

Reumatik dan Nyeri Sendi

Kandungan diterpen pada buah enau secara tradisional memang sudah sering digunakan untuk mengobati beragam penyakit. 

Khususnya dalam pengobatan tradisional China, seringkali buah enau digunakan untuk mengatasi penyakit reumatik dan juga nyeri pada sendi.

Kondisi ini mungkin dibenarkan dari sisi ilmu pengobatan modern, karena buah enau terbukti memiliki kandungan diterpen. 

Kandungan diterpen inilah yang kemudian memiliki khasiat untuk mengobati reumatik dan nyeri sendi.

Diabetes

Buah enau disinyalir juga mampu mengurangi gejala pada pasien penderita diabetes. 

Hal ini karena buah enau mengandung vitamin C yang terbukti efektif untuk mencegah infeksi termasuk akibat influenza, pneumonia, dan infeksi kaki yang seringkali menyerang pasien diabetes.

Aktivitas anti-oksidan dari buah enau juga mampu mengatasi penyakit diabetes terutama penderita diabetes tipe 2. Terutama yang berasal dari senyawa flavonoid dan juga vitamin C.

Selain manfaat yang telah dijelaskan sebelumnya, enau memiliki manfaat lain diantaranya adalah sebagai berikut :

Anti-Aging

Pada buah enau terdapat kandungan yang seringkali dimanfaatkan dalam beberapa produk kosmetik.

Kandungan yang disebut dengan galactomanna tersebut di ekstrak dari buah enau. 

Setelah diteliti dengan seksama kandungan tersebut memiliki aktivitas anti-oksidan, mencerahkah serta memiliki kemampuan anti-photoaging.

Kandungan tersebut membuat buah enau patut untuk dipertimbangkan sebagai salah satu solusi dalam merawat kesehatan kulit. Galactomanna juga memiliki kemampuan yang kuat dalam melindungi kulit dari radiasi UVA.

Efek analgesik

Ekstrak ethanol dari buah enau juga diketahui memiliki efek analgesik. Yakni kemampuan untuk menghilangkan rasa nyeri tanpa seseorang kehilangan kesadaran.

Kemampuan tersebut telah diuji pada serangkaian percobaan dengan menggunakan objek tikus. Dan diketahui bahwa efek analgesik pada ekstrak ethanol buah enau lebih baik jika dibandingkan dengan K-diclofenac.

Anti-inflamasi

Selain memiliki kandungan analgesik ekstrak buah enau juga diketahui memiliki efek anti-inflamasi atau peradangan. Aktivitas anti-inflamasi yang terkandungan pada ekstra ethanol buah enau memiliki kadar yang sama dengan K-diclofenac.

Aktivitas anti-inflamasi tersebutlah yang membuat enau seringkali digunakan secara tradisional di pengobatan China. Khususnya untuk mengatasi rasa sakit akibat reumatik dan juga nyeri pada tulang.

Kandungan flavonoid, alkaloid, dan juga quinone juga memainkan peranan yang penting dalam aktivitas anti-inflamasi pada buah enau. 

Ekstrak dari buah enau dapat dijadikan sebagai agen farmakologis untuk mencegah berbagai penyakit dimana inflamasi atau peradangan sebagai faktor patogen.

Imunitas Tubuh

Buah enau maupun produk gula aren atau gula enau mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh terhadap serangan bakteri penyebab infeksi.

Kandungan vitamin C juga memiliki aktivitas anti-oksidan yang dapat melawan stress oksidatif sehingga mampu menjadi faktor pendukung kekebalan tubuh manusia terhadap penyakit berbahaya.

Meski sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan efek samping dari mengkonsumsi nira atau aren, namun, disarankan mengkonsumsi nira  tetaplah dalam takaran yang secukupnya dan tidak berlebihan.

Disamping itu, faktor kebersihan juga penting untuk tetap menjaganya dari kontaminasi bakteri. Apalagi, air nira atau aren ini sangat cepat berubah rasa menjadi asam.

Nira yang baik tentu saja yang dikonsumsi dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah diambil dari pohon. Karena, biasanya setelah 4-5 jam di turunkan, air nira bisa berubah rasa menjadi asam.(lipo*3/rsc)



Berita Lainnya :
 
  • Tim Tabur Kejaksaan Berhasil Menangkap Buronan Kasus Penggelapan di Jatim
  • Sederhana, Toleransi, Presiden Jokowi: Buya Syafii Maarif Sebagai Guru Bangsa
  • Diguyur Anggaran Ratusan Miliar, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Diminta Tingkatkan Pelayanan
  • Gubri Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Meninggalnya Buya Syafii Maarif
  • GPMPPK Gelar Demo di Kejagung RI, Desak Kejaksaan Ungkap Kasus Dana Hibah Siak
  • Ikuti Bimtek & Studi Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata, ini Harapan Alfedri
  • Ketua DPRD Kuansing Ajak Semua Warga Jadi Duta Wisata untuk Negeri Sendiri
  • Janji Tinggal Janji.... Mantan Honorer di Kuansing Riau Gembok Pagar Kantor Camat
  • Indonesia Berduka, Ulama Kharismatik Buya Syafii Maarif Dikabarkan Wafat
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index