KPU Riau Mulai Kebanjiran Parpol Daftar Bacaleg Pemilu 2024

KPU Riau Mulai Kebanjiran Parpol Daftar Bacaleg Pemilu 2024
PKB Daftarkan Bacalag ke KPU Riau/F: LIPO

 

LIPO - Tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang penutupan penerimaan daftar bacaleg dari parpol diketahui semakin berat. Pasalnya banyak parpol mendaftar sudah dipenghujung waktu.

Saat menjelang siang, ketika dikonfirmasi liputanoke.com kepada Ketua KPU Riau Ilham M Yasir yang mendaftar masih sedikit.

"Parpol yang daftar dan sudah diterima berkasnya  PKS, Nasdem, PDIP, PAN, dan PKB," ungkapnya Sabtu (13/5/2023).

Namun, untuk data bacaleg yang didaftar dikatakannya sudah lengkap dan penuh.

"Untuk caleg-calegnya rata-rata didaftarkan penuh 65 orang per parpolnya," jelasnya.

PPP Serahkan Nama Bacaleg 

Sementara itu, Dewan Perwakilan Daerah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) Riau mendaftarkan bakal calon legislatif ( Bacaleg) untuk DPRD Provinsi, Sabtu (13/05/2023) di KPU Riau bersama ratusan kader dengan mengenakan seragam hijau.

Rombongan PPP dipimpin langsung Ketua DPW PPP Riau Syamsurizal, Wakil Ketua DPW PPP Riau Husaimi Hamidi, Sekretaris DPW PPP Afrizal Hidayat dan Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Zulkarnain Kadir serta kader terbaik PPP Riau.

"Harapan kita, para bacaleg menjadi pendulang suara," ujar Syamsurizal, Sabtu (13/5/2023) kepada Wartawan.

Soal target di Pemilu mendatang, Syamsurizal mengatakan harus lebih banyak lagi dari tahun-tahun atau Pemilu sebelumnya.

"Target kita tentunya, kalau dulu kita mendapatkan 4 kursi, DPRD Riau. Tentu kita berharap jumlah itu jauh lebih banyak dari sebelumnya," jelasnya. 

Demokrat Daftar ke KPU Riau, Dua Eks Gubernur Riau Ikut

Tak ketinggalan partai besutan AHY yakni Demokrat juga menyambangi KPU Riau hari ini, Sabtu (13/5/2023). Ketua DPD Partai Demokrat, Agung Nugroho menjelaskan  pihaknya tidak menargetkan jumlah angka tertentu kursi yang ingin dimenangkan dari 65 nama bakal calon legislatif (bacaleg) yang didaftarkan untuk Pemilu 2024 nanti.

"Target kami tidak banyak, kami sewajarnya saja dan tentunya kami ingin menjadi the winner, menjadi podium pertama yaitu mendapatkan ketua DPRD di seluruh kabupaten dan kota,"ujarnya usai menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Riau.

Dalam rombongan tersebut juga ikut dua mantan Gubernur Riau Saleh Djasit dan Annas Maamun bersama rombongan.

Agung juga menyebutkan putra-putri dari dua mantan gubernur riau yaitu Saleh Djasit dan Annas Maamun juga telah bergabung menjadi bacaleg Demokrat. Yakni anak Saleh Djasit itu bernama Yuliawati Saleh untuk bacaleg Kota Pekanbaru dan anak Annas Maamun yaitu Mirza Nur dan Norcharis.

"Partai Demokrat ini terbuka untuk masyarakat dan kami tidak perlu menyebutkan secara spesifik semua nama-namanya. Kami tidak ingin ada persinggungan, karena hari ini pindah partai itu biasa. Yang jelas kami siapkan karpet biru untuk semua yang mau bergabung dan karir yang potensial," tukasnya. (*16) 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

Berita Lainnya

Index