Jum'at, 07 08 2020
Follow:
 
Erdogan Resmikan Papan Nama Baru Masjid Hagia Sophia

elpi | Internasional
Jumat, 24/07/2020 | 10:05:41 WIB
ISTANBUL, LIPO - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meresmikan papan nama baru untuk Masjid Hagia Sophia. Ikon bersejarah di kota Istanbul tersebut akan dibuka kembali untuk sholat pertama kalinya setelah 86 tahun menjadi museum.

Setelah mengikuti pertemuan tentang masalah militer di ibu kota Ankara, Erdogan bergegas ke Istanbul. Dilansir di Anadolu Agency, Jumat (24/7), Erdogan dan delegasi kemudian meresmikan papan nama yang diletakkan di gerbang utama Masjid Hagia Sophia. Mereka kemudian berswafoto bersama di sana.

Pada kesempatan itu, Erdogan juga diberitahu tentang persiapan yang sudah dilakukan untuk pembukaan kembali Hagia Sophia untuk pelaksanaan sholat Jumat hari ini. Hagia Sophia merupakan salah satu tujuan wisata utama di Turki bagi pengunjung domestik dan mancanegara.

Pada 1985, selama bangunan berstatus sebagai museum, Hagia Sophia ditambahkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Sebelum menjadi museum, Hagia Sophia adalah bangunan gereja yang dibangun oleh kekaisaran Byzantium. Bangunan ini berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun lamanya, hingga kemudian terjadi peristiwa penaklukan Istanbul oleh kekaisaran Ottoman.

Di masa Utsmaniyah itulah, Hagia Sophia diubah fungsinya menjadi sebuah masjid antara 1453 dan 1934, hampir 500 tahun lamanya. Namun kemudian, di bawah pemerintahan sekuler Turki, Hagia Sophia beralih status menjadi museum pada 1934.

Pada 10 Juli 2020, putusan pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934, yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Langkah ini membuka jalan agar bangunan tersebut digunakan kembali sebagai masjid.

Setelah putusan itu, Hagia Sophia ditempatkan di bawah Direktorat Urusan Agama Turki, yang akan mengawasi layanan keagamaan di masjid tersebut. Sementara itu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki akan mengawasi pekerjaan restorasi (pemulihan) dan pengubahan fungsi dari bangunan tersebut. Meski menjadi masjid, bangunan dengan arsitektur kuno ini tetap akan terbuka bagi pengunjung domestik dan asing secara gratis.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Babinsa Koramil 03/Siak Kodim 0303/Bengkalis Bagikan BLT untuk 113 KK
  • Anggota Koramil 03/Siak, Polsek Siak & Satpol PP Berikan Imbauan Protokol Kesehatan
  • Cegah Wabah Virus Corona Babinsa Koramil 03/Siak Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat
  • Terungkap Dipersidangan Amril Mukminin, Disamping Ada Permintaan Uang, Ada Istilah 'Adat Istiadat'
  • Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Dorong SMSI Ikut Cerdaskan Bangsa
  • Usulan Disetujui Wako Firdaus, Sekolah Tatap Muka Sekali Sepekan Tunggu Izin Kementerian
  • Enam ASN dan 4 Tenaga Kesehatan di Pekanbaru Terpapar Corona
  • Berharap Kuansing Lebih Baik, Video Pendek Ari Akbar Raih Trophy Andi Putra
  • PT SPR Langgak Raih Penghargaan Perusahaan Berkinerja Terbaik Pertama dari SKK Migas
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index